1. Motor/Lilitan kumparan.
Motor kipas angin biasanya bermasalah pada lilitan kawat yang terbakar,di akibatkan has yang ada pada motor kadas,akibat kemasukan debu yang menyebabkan kipas tidak berputar normal.tapi biasanya pada motor kipas angin terdapat tahanan yang disebut FIUS yang memutus jika kumparan terlalu panas.masalah seperti ini bisa di atasi dengan membuka fius dan melakukan sambungan langsung listrik dan kapacitor. namun kebanyakan lilitan langsung terbakar akibat lilitan kumparan terlalu panas,maka hal tersebut harus diadakan penggulungan ulang,membuka kawat yang ada pada motor dan menggantinya dengan kawat email baru.
2.KAPACITOR
Kapacitor berfungsi menertralisir arus tegangan didalam kumparan sekaligus sebagai stater raning pada dinamo.kapacitor adalah salah satu bentuk kerusakan yang terjadi pada kipas angin yang di akibatkan lemahnya tegangan.hal ini akan terlihat jika kipas pada saat di nyalakan harus di bantu gerakanya dan putaran kipas lambat,maka hal ini harus diantisipasi lebih cepat karena bisa berakibat fatal pada lilitan yang menyebabkan lilitan cepat panas,hingga rawan akan terbakar.maka solusi utama adalah mengganti kapacitor dengan type yang sama.
3.BOSING
Bosing adalah kendala yang sering banyak dijumpai pada kerusakan kipas angin,karena rawan akan debu,jika debu telah masuk kedalam bosing maka akan mengakibatkan kandas hingga dinamo tidak dapat berputar normal,jika sering dipaksa dinyalakan maka hal ini juga akan berpengaruh pada lilitan,maka tindakan yang harus di ambil adalah kita harus sering mengontrol has yang ada dibelakang daun kipas dan di beri pelumas secukupnya dan pastikan bahwa has tersebut sudah dapat berputar normal,namun kita harus pastikan apa bosing masih layak dipakai,karena biasanya bosing sedah mulai terkikis hingga mengakibatkan kocak.maka bosing tersebut harus diganti dengan yang lebih baru.
4.SAKLAR
Saklar temaksud alat yang dapat menyalalakan,mematikan,mengontrol kecepatan yang ada pada kipas angin,kerusakan biasanya terjadi akibat platina yang patah sehingga tidap dapat berhubung antara platina keplatina lainya.maka kita harus menggati saklar baru dengan model yang sama.
Agar kipas angin kita tidak bermasalah maka kipas angin harus sering dikontrol,dan sering dibersihkan,agar debu tidak masuk kedalam celah bosing yang akan berakibat kipas tidak dapat berputar,sementara hanya terdengar bunyi dengung.tapi kalau pun ada kendala-kendala kipas yang sudah di coba diperbaiki dirumah tapi kipas tetap tidak berputar maka bisa di bawa di bengkel kami khususnya yang tinggal di kota makasar.
Jasa pelayanan KKT DINAMO berupa:
> penggulungan motor listrik(dinamo), berupa:
- Dinamo mesin pompa air
- Dinamo 3 phasa
- Mesin cuci
- Kipas angin, blender/mixer
- Dinamo peralatan pertukangan
- Dan peralatan Rumah Tangga lainya
> pemasangan instalasi sumur bor kategori rumah tangga- Dinamo 3 phasa
- Mesin cuci
- Kipas angin, blender/mixer
- Dinamo peralatan pertukangan
- Dan peralatan Rumah Tangga lainya
segara umum apabila anda mengalani kerusakan seperti pada hal-hal yang kami sebutkan diatas, anda bisa mengunjungi bengkel kami yang beralamatkan:
Jalan.Perintis Kemerdekaan, Km 14 daya makassar ( Depan RSU Daya )
Atau anda bisa menghubungi kami di nomor : 081242041615 atau 04114039981
MAKASIH MAS BUAT INFO NYA...
BalasHapusNI SGT BERMANFAAT BG SAYA..
kunjungi juga di http://pintarbengkel.blogspot.com/2012/03/berbagai-penyebab-kipas-angin-berputar.html
BalasHapusfuse/sikring apakah sbg penghubung antara kabel 0 dan kabel yg menuju capasitor? jika fuse tsb putus apakah bisa diakali dengan fuse biasa 2A? trims
BalasHapusdaeng saya mau tanya dimana dijual di makassar mesin penggulung dinamo, kawat tembaga dan kertas mika, lokasi saya di selayar mau belajar gulung dinamo sendiri
BalasHapusterima kasih
yandi_donk@yahoo.co.id
mkasih atas infonya
BalasHapusMakasih Infonya,, amu tanya bisa gak saya kursus di tempatnya
BalasHapusMakasih Infonya,, amu tanya bisa gak saya kursus di tempatnya
BalasHapus